Kegunaan Tepung Maizena Dalam Kegiatan Memasak Sehari-hari

Ada beberapa jenis tepung yang biasa digunakan untuk memasak sehari hari. Salah satunya adalah tepung Maizena dari Egafood atau biasa juga sebut tepung jagung , tepung yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaan dalam kegiatan memasak, membuat kue sampai ke industri makanan.

Tepung Maizena Egafood sebenarnya sebutan populer masyarakat indonesia untuk tepung yang terbuat dari biji jagung, sementara Maizena sendiri merupakan sebuah merk tepung jagung asal meksiko. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa merk yang dijual dipasaran antara lain Maizenaku, Wysmand Maizena, Holland Maizena, Haan Maizena dan sebagainya.

Untuk menghasilkan tepung maizena yang diperlukan adalah pemilihan biji jagung yang unggul yang kemudian digiling untuk dipisahkan antara kulit ari jagung dan endosperm jagung. Hasil Pengilingan kemudian dikeringkan untuk memasuki proses selanjutnya yaitu proses perendaman selama 24 jam yang kemudian dikeringkan lagi dan di ayak sehingga menghasilkan tepung. Dengan proses yang dilalui tersebut sehingga menghasilkan tepung yang berkualitas tinggi sesuai standar yaitu bau, rasa, warna, cemaran benda asing, kehalusan, kadar air, abu, serat kasar, derajat asam, kandungan logam dan mikroba.

Tepung Maizena Egafood memiliki ciri khas yaitu berwarna putih dan tekstur yang halus, tepung ini bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac yaitu reaksi kekebalan terhadap  konsumsi gluten biasa protein yang terdapat pada gandum, jelai dan gandum hitam  dan penyakit penyimpanan glikogen adalah ketidakmampuan tubuh untuk memetabolisme cadangan glikogen menjadi glukosa.

Gizi yang terdapat per 100 gram tepung jagung adalah Energi sebesar 1594 kj / 381 kkal, Lemak terbagi menjadi tiga yaitu lemak jenuh 0,009 gram, lemak tak jenuh ganda 0,025 gram, lemak tak jenuh tunggal 0,016 gram. Protein 0,26 gram. Karbohidrat 91,27 gram yang merupakan serat sebanyak 0,9 gram kemudian sodium sebanyak 9 miligram dan kalium sebanyak 3 miligram.

Kegunaan paling besar tepung maizena atau tepung jagung adalah sebagai bahan tambahan atau bahan pengganti tepung terigu dalam pembuatan makanan. Beberapa contohnya adalah dalam pembuatan kue basah, kue kering, bubur, pudding serta pelapis pada gorengan, berikut beberapa kegunaanya :

  • Sebagai bahan pengental. Penggunaan tepung jagung dapat digunakan untuk pembuatan bubur, puding dan saus. Penggunaan tepung jagung sebagai campuran dengan cara didihkan hingga mengental.
  • Dapat menyerap kelembaban. Tepung jepung yang digunakan untuk menggoreng dapat membuat hasil gorengan menjadi lebih renyah dan menyerap minyak.
  • Penggantitepung terigu. Dalam pembuatan kue kering, penggunaan tepung terigu dapat dikurangi dan diganti dengan tepung jagung sebanyak 10-30%.
  • Merenyahkan kue kering dan melembutkan kue basah.
  • Kegunaan tepung maizena membuat bubur atau  saus, tepung maizena digunakan sebagai bahan pengental. Biasanya tepung maizena sebelum dicampurkan dalam bubur ataupun saus, dicairkan terlebih dahulu dengan sedikit air. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam adonan dan dididihkan hingga mengental.
  • Kegunaan tepung maizena membuat cake dan kue kering, tepung maizena digunakan untuk mengganti tepung terigu kira-kira 10-30% dari takaran tepung terigunya. Misalnya, dalam resep disebutkan 200 gram tepung terigu, maka jika ingin menggunakan tepung maizena, kurangi maksimal 30 gram tepung terigunya dan digantikan dengan 30 gram tepung maizena.
  • Untuk pengunaan kegunaan tepung maizena menghasilkan kentang goreng atau bawang goreng yang renyah dan enak, taburi kentang dengan sedikit tepung maizena setelah kentang direndam dalam bumbu atau air garam. Tepung maizena ini akan menyerap kelembaban yang ada pada kentang sehingga saat digoreng hasilnya jadi lebih renyah.
  • Jika untuk kegunaan tepung maizena untuk membuat vla atau custard yaitu, setelah jadi dan matang sebaiknya segera dimasukkan dalam wadah tertutup. Hal ini perlu dilakukan agar vla tidak langsung terkena udara dan juga kering.

Perbedaan antara tepung maizena atau tepung jagung dengan tepung lainnya adalah sebagai berikut :

§  Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk tepung yang banyak sekali digunakan untuk bahan utama kue, mie, cake, dan lainnya. Tahukah Anda jika tepung terigu dibuat dari gandum, adapun jenis terigu dibedakan lagi menjadi tiga, yakni : terigu protein tinggi (lebih elastic dan mudah mengembang, untuk bahan roti, mie), terigu protein sedang (untuk adonan fermentasi, misalnya : donat, bakpau, cake, onde-onde, dan lainnya) dan terigu protein rendah (untuk membuat kue kering, pastel, gorengan, dan lainnya).

§  Tepung Beras dan Tepung Ketan

Tepung ini sesuai dengan namanya, yakni dibuat dari beras atau ketan. Keduanya biasa dimanfaatkan untuk membuat cemilan atau jajanan pasar, misalnya : Untuk tepung beras untuk bahan membuat, nagasari, kue lapis, pelapis gorengan, dan lainnya. Untuk tepung ketan untuk bahan membuat wingko, getas, dan lainnya.

§  Tepung Sagu

Tepung sagu dibuat dari saripati batang pohon sagu yang sifatnya kenyal sehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan bakso, pempek, tahu bakso, bika ambon, dan lainnya.

§  Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe terbuat dari saripati kacang hijau yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan membuat kue tradisional yang teksturnya lembut dan kenyal, misalnya : cendol, nagasari, kue cantik manis, dan bisa juga dijadikan campuran pelapis gorengan.

§  Tepung Tapioka

Tepung tapioka terbuat dari saripati singkong atau ubi kayu yang memiliki tekstur kenyal. Biasanya dimanfaatkan untuk campuran bakso, dadar jagung, campuran bubur kacang hijau,  dan kue lainnya.

§  Tepung Panir

Tepung panir atau tepung roti merupakan remahan dari roti yang bertekstur kasar sehingga gorengan jadi bertekstur renyah, cepat matang dan tidak menyerap minyak. Jenis makanan yang biasanya menggunakan tepung panir, yakni : nugget, kroket, ayam goreng, udang goreng, dan lainnya.