Maccheroni atau Makaroni

Apa itu Maccheroni atau Makaroni? Beberapa pendapat mengatakan jika “maccheroni” berasal dari bahasa Sisilia “maccaruni” yang artinya adonan yang dibuat menggunakan tenaga. Akan tetapi, bangsa Inggris mengartikan makaroni sebagai sesuatu yang perfek dan anggun, dan kemudian hal tersebut menyebar di Amerika dan diabadikan sebagai lagu.

Makaroni Schotel

Maccheroni atau Makaroni sendiri adalah salah satu hidangan pasta yang berasal dari Italia yang sangat populer di Dunia karena selain bentuknya yang unik menyerupai pipa kecil atau elbow, Makaroni juga memiliki rasa yang enak dengan tekstur kenyal dan dapat dijadikan berbagai macam hidangan yang lezat yang dapat di jadikan sebagai camilan atau snack bahkan sebagai hidangan pembuka, selain itu Makaroni mengandung protein yang cukup tinggi dan  banyak sekali manfaat baik dalam kandungan makaroni itu sendiri, sehingga Makaroni sangat di gemari dan terkenal di beberapa negara khususnya Indonesia.

Dalam sejarahnya ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa penemu Makaroni  adalah bangsa Cina yang dikenalkan oleh Marco Polo saat pelayarannya ke Italia pada tahun 1292. Akan tetapi, di Italia sendiri makaroni sudah dikenal sejak jaman Romawi Kuno. Konon, makaroni merupakan hidangan untuk dipersembahkan kepada para Dewa – Dewi. Dan pada jaman pertengahan di Sisilia, Italia makanan yang satu ini sering dikonsumsi oleh bangsa Arab yang menyebarluaskan ke negaranya.

Makaroni pertama kali di perkenalkan oleh oleh Apicius saat abad pertama. Dan ketika abad ke 12 oleh Guglielmo di Malavalle  yang menyajikan makaroni dalam suatu perjamuan pasta yang dikenal dengan pesta Banguet atau dapat di sebut dengan pestanya para petinggi kala itu.

Berikut Fakta-fakta tentang Makaroni :

  • Makaroni kaya akan Folat dan Lutein

Kandungan folat yang berada dalam Makaroni dapat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah selain itu dalam Makaroni juga terdapat kandungan Lutein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan mata.

  • Makaroni dapat mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga

Makaroni sangat disukai sebagai hidangan favorit oleh para atlet dan olahragawan setelah latihan karena dalam satu porsi hidangan makaroni mengandung 16% protein harian yang di butuhkan orang dewasa sehingga dengan mengkonsumsi satu porsi Makaroni terbukti mampu mengembalikan energi setelah berolahraga,dan beraktivitas seharian

  • Makaroni sangat cocok untuk penderita Diabetes

Makaroni yang di rebus tidak terlalu lama sehingga indeks Glimemik di dalamnya dapat menurun secara drastis  dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan dapat tercerna secara perlahan di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara bertahap  dan menjadikan Makaroni cocok untuk penderita diabetes apabila dimasak dengan sesuai.

  • Makaroni dapat membuat suasana hati Bahagia

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa Makaroni memiliki sebuah kandungan zat yang dapat meningkatkan kadar bahagia dalam hormon kita setelah mengkonsumsi makaroni.

  • Makaroni dapat membantu Diet

Makaroni membantu untuk diet karena makaroni dapat menjadi penganti makanan utama untuk menghasilkan karbohidrat bagi tubuh selain itu makaroni membuat rasa kenyang bertahan lebih lama karena Makaroni memiliki sumber karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu yang lama untuk diuraikan dalam tubuh sehingga metabolisme pada tubuh bisa meningkat jadi saat mengkonsumsi Makaroni akan merasa kenyang yang lebih lama, karbohidrat kompleks sendiri tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut berbagai cara pengolahan Makaroni dari beberapa negara

  • Indonesia
    Di Indonesia sangat familiar dengan sajian yang dikenal dengan nama macaronischotel. Hidangan ini biasanya dicampur menggunakan keju serta daging atau tuna terkadang diberi tambahan kentang serta tahu untuk membuat rasa yang lebih Asia. Namun saat ini di Indonesia sendiri ada banyak sekali kreasi sajian dari makaroni yang di kembangkan oleh anak-anak muda Indonesia.
  • Hongkong dan Asia Tenggara makaroni biasanya direbus dengan air, dan disajikan dengan kaldu dengan tambahan daging ham atau sosis, kacang polong, jamur hitam, serta telur.
  • Swedia
    Dikenal dengan sebutan makaroni pudding. Biasanya dibuat menggunakan tambahan daging ham (potongan daging paha hingga kaki belakang), leek (sayuran yang sejenis dengan bawang bombay dan bawang putih), serta keju.

Di Indonesia sendiri saat ini banyak sekali yang menjadi kan Makaroni sebagai ladang bisnis dalam bidang kuliner karena selain mudah di dapat ( biasanya menggunakan produk Makaroniku dari egafood karena mempunyai kekuatan menciptakan makaroni yang lebih enak, bernutrisi serta bebas gluten dengan tekstur yang halus tidak mudah hancur ) Makaroni sendiri dapat di olah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan unik sehingga dapat menarik minat para konsumen mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Berikut salah satu resep Makaroni yang mudah dan sehat :

Makaroni Schotel

Bahan-Bahan:

  1. 200 gr makaroni,rebus lalu tiriskan ( kami menggunakan Makaroniku dari Egafood)
  2. 100 gr daging sapi cincang
  3. 1 butir bawang bombay, cincang halus
  4. 3 siung bawang putih, cincang halus
  5. 3 sdm tepung terigu
  6. ½ sdt merica bubuk
  7. ¼ sdt pala bubuk
  8. ½ sdt garam
  9. 1 Blok kalduku dari Egafood
  10. 300 ml susu cair low fat
  11. 3 butir telur,kocok lepas
  12. 100 gr keju cheddar,parut
  13. Minyak untuk menumis

Cara pembuatan Makaroni schotel :

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  2. Masukkan daging sapi cincang,merica,lada,garam dan kalduku blok. Masak sampai daging berubah warna.
  3. Masukkan Makaroniku,aduk rata. Tuang susu,aduk-aduk lalu masukkan tepung terigu. Aduk sampai adonan makaroni mengental. Matikan api.
  4. Masukkan sebagian keju cheddar parut dan telur kocok. aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah bersemir margarin.Taburkan sebagian sisa keju parut di atas adonan makaroni.
  6. Panggang di oven dengan suhu 1800C selama ± 60 menit sampai matang.
  7. Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal agar lebih nikmat.