Madu Manuka Asli Untuk Kesehatan Tubuh

Madu ialah salah satu bahan alami yang tidak jarang dipakai sebagai pemanis,Di samping enak, cairan kental yang didapatkan lebah dari nektar bunga ini menyimpan beberapa manfaat guna kesehatan tubuh.

Manfaat Madu untuk Tubuh

Faktanya, madu ialah cairan ajaib yang semenjak dulu dipakai untuk menyembuhkan luka dan menanggulangi keluhan pencernaan. Bahkan belakangan, penelitian memberitahu bahwa madu pun dapat membawa sederet guna lain guna kesehatan tubuh, berupa:

  1. Melegakan Tenggorokan

Khasiat yang ada di madu ini dikaitkan dengan sifat antiradang dari madu itu sendiri. Dengan adanya kandungan flavonoid dan jenis polifenol lain dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan pada anak menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari, dan memperbaiki kualitas tidur dibandingkan dengan obat pereda batuk. Meski demikian, madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak yang di bawah usia satu tahun. Alasannya, anak di usia tersebut belum memiliki saluran cerna yang kuat sehingga belum mampu mencerna kandunan tertentu yang ada pada madu.

  1. Menurunkan tekanan darah

Madu pun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menambah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini dapat ditangkal dengan memanfaatkan kandungan antioksidan yang ada di dalam madu. Madu paling kaya bakal kandungan senyawa fenolik yang sudah terbukti paling berkontribusi terhadap kesehatan manusia, tergolong untuk  menurunkan tekenan darah.

  1. Agen Antibakteri

Kandungan hidrogen peroksida dan tingkat keasaman alami yang ada pada madu terbukti dapat menangkal proses perkembangan bakteri. Karena itu, madu menjadi pilihan bahan alami yang terbukti efektif dalam mempercepat proses pengobatan luka serta menanggulangi keluhan yang ada di lambung.

Sementara itu, di antara jenis madu dari Selandia Baru, yang dikenal sebagai madu Manuka, pun efektif menangkal dan menanggulangi infeksi bakteri Staphylococcus yang sering menyerang hidung maupun kulit, serta bakteri H. pylori yang berperan dalam terjadinya tukak lambung.

  1. Obat Segala Penyakit

Madu diperkirakan memiliki segudang manfaat yang baik dalam menolong memperkecil risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan kronis lainnya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna benar-benar meyakinkannya.

Madu Manuka Untuk Kesehatan            

madu manukaHingga sekarang, makanan manis yang didapatkan oleh lebah masih sangat diandalkan  untuk menyembuhkan beberapa penyakit medis. Salah satunya madu manuka. Madu manuka ialah madu yang berasal dari Australia ataupun Selandia Baru. Madu manuka diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, dan dikenal pun dengan sebutan semak manuka. Madu manuka seringkali diandalkan untuk menyembuhkan sekian banyak  macam penyakit. Manfaat madu manuka sudah diperlihatkan secara medis, oleh banyaknya penelitian. Di samping itu, terdapat kelebihan dari madu manuka dengan madu-madu lainnya, yaitu kandungan zat aktif Methylglyoxal, yang bermanfaat sebagai antibakteri.

 

Tidak melulu itu, madu manuka juga punya banyak sekali manfaat karena mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Madu manuka berbeda dengan madu biasanya karena

  1. Dapat Mengatasi Fibrosis Kistik

Fibrosis kistik ialah kelainan bawaan yang merusak paru-paru, mempengaruhi sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya. Kondisi ini dominan pada sel penghasil lendir. Akibatnya, lendir yang berlebihan, menyumbat saluran pernafasan, bisa juga sampai menghambat pernapasan. Kondisi medis ini biasanya dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan atas, yang bisa disembuhkan dengan madu manuka.

  1. Dapat Mengobati Jerawat

Jerawat yang hadir pada muka dan pada tubuh lainnya, seringkali terjadi sebab perubahan hormon. Namun, jerawat juga dapat menjadi indikasi dari pola makanan yang buruk, stres atau bakteri yang tumbuh di pori-pori yang tersumbat. Aktivitas antimikroba dari madu manuka, andai dikonsumsi bersamaan dengan pemakaian produk pH rendah, dirasakan sangat ampuh melawan jerawat. Bakteri yang sering mengakibatkan jerawat hadir di wajah, dapat disingkirkan dengan madu manuka. Penyembuhan jerawat juga jadi semakin cepat.

  1. Menghindari penyakit sistem pencernaan

Para peneliti menemukan, madu manuka yang memiliki sekian banyak manfaat guna untuk menghindari penyakit sistem pencernaan seperti  irritable bowel syndrome (IBS). Penyakit diare, sembelit, sakit perut, sampai buang air besar tidak teratur menjadi gejalanya.

  1. Dapat menyembuhkan luka

Beberapa studi menuliskan, madu manuka dapat mempercepat pengobatan luka. Studi tersebut pun menunjukkan, madu manuka bisa melawan infeksi. Di samping itu, madu manuka diandalkan  mempercepat proses pengobatan pada luka bakar. Walau begitu, studi lebih lanjut, masih butuh dilakukan.

  1. Masalah asam lambung

Mengonsumi madu manuka bisa berfungsi untuk meminimalisir asam lambung dan menyeimbangkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan small intestine bacterial overgrowth (SIBO), acid reflux, dan asam lambung dapat bersangkutan satu dengan yang lain. Madu manuka diketahui mempunyai kandungan antibiotik yang berkhasiat sebagai obat guna penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Mengobati radang tenggorokan

Jika merasakan radang tenggorokan, mengonsumsi madu manuka dapat menjadi solusi. Sebab, madu manuka mempunyai antivirus dan antibakteri, yang dapat mengurangi peradangan serta melawan bakteri penyebab sakit pada tenggorokan. Tidak melulu mengobati radang tenggorokan, madu manuka pun dipercaya dapat memberikan efek rileks pada tenggorokan.

  1. Meningkatkan kesehatan dan perawatan kecantikan

Mengonsumsi madu manuka hillary farm secara teratur dapat menambah energi dan kualitas kesehatan. Nutrisi di dalamnya dapat menambah vitalitas, energi, pun tekstur dan warna kulit. Kombinasikan madu manuka dengan sabun cuci muka guna mengelupas sel kulit mati dan melawan efek radikal bebas pada kulit. Tambahkan madu Manuka di shampo atau masker rambut untuk menciptakan rambut lebih berkilau.

Wah, ternyata tidak sedikit manfaat madu untuk kesehatan. Tertarik mencobanya? Anda dapat meminumnya secara teratur, tapi tidak boleh sampai berlebihan, ya!